UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

ARWANA JARDINI (Scleropages Jardini)

ARWANA JARDINI (Scleropages Jardini)

Nama ilmiah dari Arwana Jardini ini adalah Scleropages jardini. Sedangkan nama populernya antara lain Northern spotted, Gulf Saratoga barramundi, Australian pearl arwana, Australian arwana, Jardini arwana, Silver barramundi, dan Northern barramundi. Di Indonesia ikan ini lebih terkenal dengan nama arwana irian atau arwana jardini. Ikan ini memang berasal dari Irian atau Papua, baik di Papua Indonesia maupun Papua Nugini, serta di bagian utara Australia.

Ikan asli Irian ini memiliki varian 2 jenis. yang umum didapati berwarna basic hijau serta bermutiara merah, type jardini lain berwarna basic hitam serta bermutiara emas dan lebih sukar didapati. Di Australia ditemukan jardini jenis (warna basic hijau, mutiara merah) yang dimaksud red spotted pearl (scleropages leichardty). cross back serta golden red red spotted pearl serta jardini yaitu kerabat, dengan perbedaan lingkungan yang merubah performa.  Perbedaan yang amat mencolok yaitu pada red spotted pearl, mutiara merah bertaburan dengan mencolok pada tubuhnya. namun pada arowana jardini di mutiara di badannya tidak semencolok arowana red spotted pearl dari australia

Arwana pearl jardini ikan hias air tawar
arwana pearl jardini

Seperti arwana pada umumnya, sebagai ikan predator arwana jardini dapat tumbuh hingga 1 meter dengan berat maksimal sekitar 17kg. Di Australia, arwana jardini sering menjadi target untuk memancing karena kesukaannya suka memakan beragam umpan tiruan (artificial bait). Ikan yang mampu hidup hingga 12 tahun ini cukup digemari di Indonesia, dan penjualan ikan arwana jardini sama banyaknya dengan penjualan ikan arwana silver. Arwana jenis ini masih belum banyak di budidayakan kareana kiriman dari Papua masih mengalir deras. Ikan hasil tangkapan alam ini sebaiknya mulai di budidayakan untuk menjaga kelestariannya.  Mengingat kesuksesan ikan arwana silver yang berasal dari sungai Amazon di pasaran Indonesia, tentu ikan arwana asli Indonesia akan lebih meraup sukses di pasar lokalnya sendiri.

Arwana jardini ikan hias air tawar

Untuk harga arwana jenis jardini ini ada di level terndah kedua di jajaran kan arwana setelah ikan arwana silver. Ikan yang dijual di Indonesia berasal dari Papua dalam bentuk ikan hasil tangkapan. Sayang sekali ya jika ikan yang dijual ternyata adalah ikan hasil tangkapan dari alam karena berakibat pada terancam punahnya populasi spesies tersebut.  Arwana jardini saat ini dijual kisaran 150-200 ribu rupiah per ekor untuk ukuran 10-15cm. Sedangkan ikan yang sudah dewasa dengan panjang 40cm dijual sekitar 500rb. Di pasar Internasional , arwana jardini ukuran 10-15cm dijual dengan harga sekitar US$40-50, sedangkan yang berukuran 40cm sekitar harga US$100-170.
Posting Komentar

Posting Komentar