UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

BALASHARK (Balantiocheilus Melanopterus)



Balashark ikan hias air tawar

Ikan Balashark adalah ikan yang mempunyai sirip punggung menjulang seperti sirip ikan hiu, karena itulah ikan ini dinamai balashark. Ikan yang mempunyai nama ilmiah Balantiocheilus melanopterus mampu tumbuh maksimal 40cm dan berumur sekitar 6 tahun di aquarium. Ikan balashark habitat asalnya tersebar luas di Asia Tenggara yaitu meliput Sumatra, Kalimanta, Malaysia, Thailand, Laos dan Kamboja.

Ikan ini bukanlah tipe ikan predator sehingga dapat dicampur dengan jenis ikan apapun yang berukuran relatif sama. Ikan balashark adalah ikan tipe Schooling atau ikan yang suka hidup berkelompok, dan jika dipelihara di aquarium sebaiknya dipelihara dalam jumlah 4-6 ekor sehingga kelihatan lebih menarik, karena ikan  ini selalu bergrombol. Ikan balashark sangat menyukai jenis pakan apapun, sehingga ikan ini tidak menolak setiap ragam makanan yang diberikan, karena itulah ikan ini cukup mudah untuk dipelihara di aquarium.  Air yang dibutuhkan untuk memelihara ikan ini sebaiknya mempunyai pH sekitar 6-7,5 dengan suhu antar 24-26C.

Balashark ikan hias air tawar
ikan balashark ber"schooling"

Ikan yang laris manis baik di dalam maupun di luar negri ini menjadi primadona ikan hias air tawar, sehingga berapapun jumlah pasokannya akan selalu habis di pasaran.  Ikan yang laku sebagai ikan ekspor ini juga melimpah di pasar local. Balashark tetap laku hal yang wajib untuk para penjual ikan hias untuk tetap memajang  ikan ini. Harga ikan balashark berada di posisi sedang , untuk ikan yang berukuran 5-6cm dijual 5000 rupiah per ekornya, sedangkan yang berukuran 20-25cm dijual sekitar 25ribu rupiah per ekor.

Balashark 5-6cm ikan hias air tawar
balashark 5-6cm
Posting Komentar

Posting Komentar