UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

BLACK GHOST (Apteronotus Albifrons)

Black ghost ikan hias air tawar

Ikan Black Ghost atau Apteronotus albifrons adalah ikan yang habitat asalnya dari hampir separuh daratan Amerika Selatan, yaitu di Ecuador, Colombia, Guyana, Suriname, French Guiana, Venezuela, Peru, Bolivia, Brazil dan Paraguay. Black ghost adalah nama yang menyeramkan, namun si hantu itam ini sebenarnya malah terlihat lucu, apalagi gerakannya sangat aneh, naik turun seperti maninan anak-anak. Sebenarnya ikan ini adalah ikan nocturnal atau aktif di malam hari, sehingga untuk pemeliharaan di aquarium disarankan untuk menyediakan tempat bersembunyi dengan potongan pipa paralon yang dikasi pemberat sehingga mudah tenggelam atau dengan ditambahkan tanaman air agar ikan ini merasa nyaman dan tidak mudah stres.

Black ghost ikan hias air tawar
ikan black ghost sembunyi di dalam pipa paralon

Black ghost ikan hias air tawar
ikan black ghost sembunyi di sela-sela tanaman

Ikan ini memiliki bentuk tubuh pipih memanjang dengan warna tubuh hitam dan berbercak putih atau kuning di bagian ekornya. Karena bentuk tubuhnya yang menyerupai pisau yang melebar di bagian kepala dan badan kemudian meruncing di bagian perut, maka ikan ini di golongkan kedalam ikan pisau atau knifefishes. Black ghost juga di golongkan kedalam ikan jenis electric fishes, yaitu ikan yang mampu menghasilkan arus listrik, tetapi masuk dalam golongan ikan penghasil arus listrik lemah dengan frekwensi medan listrik antara 0.1-10Khz. Listrik ini digunakan untuk mengenali objek disekitar dan berkomunikasi dengan ikan lainnya, sehingga ikan ini tidak cocok dipelihara lebih dari satu atau dipelihara dengan ikan penghasil listrik lainnya seperti ikan gajah (Gnathonemus elephas, atau Gnathonemus petersii), karena dapat saling mengganggu system radar dan navigasi yang mereka miliki. Dan sekarang pun sudah ada ikan jenis albino dari hasil budidaya.

Black ghost albino ikan hias air tawar
black ghost albino

Ikan ini dapat tumbuh hingga 50cm, tetapi jika dipelihara di dalam aquarium ikan ini Cuma mampu tumbuh hingga sekitar 20cm saja. Black ghost sebenarnya adalah ikan karnivora maka dari itu makanan dari ikan ini adalah hewan-hewan kecil masuk dalam bukaan mulutnya seperti udang-udangan kecil, ikan kecil, cacing sutra dan sangat menyukai pakan beku seperti cacing darah yang sudah dibekukan. Dan untuk kualitas air yang dibutuhkan yaitu kadar  pH sekitar 6-8 dengan suhu air sekitar 23-28C. Di Indonesia adalah pelopor budidaya ikan ini di dunia sehingga pasar ekspor adalah target yang bagus. Di pasar lokal ikan ini di jual  dengan harga kisaran 10rb rupiah per ekor untuk ikan ukuran 5-7cm.

Black ghost 5-7cm ikan hias air tawar
black ghost 5-7 cm
Posting Komentar

Posting Komentar