UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

BOLIVIA RAM (Microgeophagus Altispinosa)

Bolivia ram ikan hias air tawar

Ikan Bolivia Ram atau yang lebih dikenal luas sebagai Bolivian Ram ini habitat asalnya memang seperti namanya, yaitu dari Bolivia, selain itu juga terdapat di Brazil. Pemberian nama Ram adalah untuk menyebut Ramirezi, ikan jenis Microgeophagus yang juga terkenal di dunia ikan hias. Nama ilmiah dari ikan ini adalah Microgeophagus altispinosa. Nama altispinosa berasal dari kata alti yang artinya tinggi, sedangkan spinosa artinya duri, karena diambil dari duri sirip-siripnya yang panjang, terutama sirip punggungnya.

Bolivia ram ikan hias air tawar
ikan dewasa dengan duri sirip yang indah

Walopun ikan ini masuk dalam kelompok ikan siklid yang biasanya agresif, tetapi ikan ini bersifat pendamai. Ikan Bolivia ram dapat tumbuh hingga 7,5cm dan bersifat social atau berkumpul serta sering berpasang-pasangan tanpa saling menyerang. Ikan ini adalah termasuk ikan omnipora sehingga untuk memeliharanya sangat mudah dalam pemberian pakannya, karena ikan ini dapat menyesuaikan diri untuk memakan cacing darah, cacing sutra, kutu air dan udang-udangan hidup yang berukuran kecil. Sedangkan untuk kualitas airnya ikan ini mampu hidup dengan baik dalam
kualitas air apapun , asalkan tidak terjadi perubahan air secara drastis karena ikan ini adalah ikan yang tahan banting.

Bolivia ram ikan hias air tawar
bolivia ram 5-7cm

Karena ikan Bolivia ram termasuk ikan pendiam sehingga banyak penghobi memeliharanya di dalam aquascape, selain karena warna dan  memiliki duri yang indah di sirip-siripnya, ikan Bolivia ram juga termasuk ikan yang suka memakan keong, sehingga banyak banyak yang menaruh ikan ini sebagai pembasmi hama keong di aquascape. Di pangsa pasar ikan lokal, ikan ini dijual dengan harga yang relatif sedang, yaitu kisaran harga sekitar 5000 rupiah per ekornya.

Bolivia ram ikan hias air tawar
bolivia ram di dalam aquascape
Posting Komentar

Posting Komentar